Tuesday, April 17, 2007

03 Sholawat Wahidiyah



PENGERTIAN UMUM
SHOLAWAT WAHIDIYAH & AJARAN WAHIDIYAH


  • a. Sholawat Wahidiyah adalah rangkaian do’a Sholawat Nabi (Shollallohu ‘alaihiwasallam) sebagaimana tertulis di dalam lembaran Sholawat Wahidiyah, termasuk tatacara dan adab pengamalannya; (Lihat Cara Pengamalan )

  • b. Sholawat Wahidiyah ; Alhamdulillah, Bifadl-lillah warahmatih, pengamalnya banyak dikaruniai berbagai manafaat dan faedah ; antara lain dan terutama berupa kejernihan hati, ketenangan batin, ketenteraman jiwa, peningkatan daya ingat, kesadaran, lebih mengenal (ma’rifat) dan pendekatan diri kepada ALLOH WA ROSULIHI (Shollallohu ‘alaihiwasallam). Disamping manfaat lainnya, lahiriyah dan batiniyah, duniawi dan ukhrowi ; (Lihat Bab IV tentang Faedah Sholawat);

  • c. Sholawat Wahidiyah membimbing pengamalnya agar menjadi manusia yang peduli dan lebih berguna (anfa’u) bagi dirinya sendiri, keluarga, nusa, bangsa, negara, sesama ummat manusia, bahkan bagi seluruh makhluk ciptaan ALLOH pada umumnya; (1)
  • Setiap insan bisa memberi manfaat kepada yang lain; Misalnya ; dengan ilmunya bagi yang berilmu, dengan hartanya bagi yang berharta, dengan tenaganya bagi yang diberi kekuatan tenaga, atau dengan do’a-do’a permohonannya bagi yang mau; Dengan Sholawat Wahidiyah pengamalnya dibimbing agar selalu berdo’a untuk dirinya sendiri dan memberi manfa’at dengan mendo’akan kepada yang lain; (Lihat kandungan do’a dalam Sholawat Wahidiyah dan Terjemahnya;)

  • d. Sholawat Wahidiyah seperti sholawat yang lain; boleh diamalkan oleh siapa saja tanpa disyaratkan adanya sanad atau silsilah seperti yang berlaku dalam amaliah Thoriqoh; karena seluruh sholawat, sanadnya adalah Shohibush sholawat sendiri, yaitu Rosululloh (Shollallohu ‘alaihiwasallam) (2) (Lihat Bab III, tentang Faedah Sholawat)

  • e. Sholawat Wahidiyah bukan merupakan suatu Ikatan atau Jam’iyah Thoriqoh yang mempunyai syarat-syarat tertentu seperti yang lazim di dalam thoriqoh-thoriqoh yang kita kenal (Mu’tabaroh); Akan tetapi juga dapat disebut “Thoriqoh” (secara lughowi / bahasa) dalam arti “JALAN” atau “SARANA” menuju wushul/sadar kepada ALLOH WAROSULIHI (Shollallohu 'alaihi wasallam).

  • f. Sholawat Wahidiyah mempunyai kandungan suatu sistem dan bimbingan praktis yang disebut AJARAN WAHIDIYAH. (Lihat penjelasannya tentang Ajaran Wahidiyah).

  • g. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah mulai disiarkan pada tahun 1963 dan telah diberikan ijazah secara mutlak oleh Muallifnya (Hadlrotus Syekh Al-Mukarrom KH Abdoel Madjid Ma’roef Kediri, Jawa Timur). ٍSiapa saja dan dari manapun memperolehnya telah diberi izin mengamalkan dan menerapkannya, bahkan dianjurkan agar supaya menyiarkan kepada masyarakat luas tanpa pandang bulu dengan ikhlas dan bijaksana.

  • h. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah boleh / bisa diamalkan oleh siapa saja yang sudah memiliki amalan-amalan lain; seperti telah mengikuti Jam’iyah Thoriqoh Mu’tabarah, Majlis-majlis dzikir, Jam’iyah Istighotsah, atau amalan yang bersifat pribadi, dengan tanpa harus meninggalkan amaliyahnya, bahkan akan lebih terdukung penerapan batinnya dengan Ajaran Wahidiyah;

  • i. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah bukan merupakan suatu aliran atau faham agama baru; dan tidak mengajarkan faham-faham atau tindakan yang bertentangan dengan Syari’at Islam(1) dan hukum negara / pemerintah, atau ajaran yang menyimpang dari aqidah Ahlis Sunnah Wal-Jama’ah; seperti faham Hulul, Wahdatul-wujud, Jabariyah, Qodariyah, Syi’ah, Ilmu Sejati dan sebagainya ;

  • j. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah bukan hasil mimpi seseorang (Muallifnya), bukan sholawat dari bangsa Jin atau syetan (5) sebagaimana tuduhan orang-orang yang tidak bertanggungjawab, akan tetapi Sholawat Wahidiyah disusun oleh Muallifnya dalam keadaan sadar yang disertai dorongan batiniyah dan keprihatinan terhadap situasi alam pada saat itu. Masa penyusunan Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah sampai lengkap seperti dalam Lembaran Sholawat Wahidiyah yang diedarkan secara umum, memerlukan waktu 18 tahun; Yakni mulai tahun 1963 sampai 1981.

  • k. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah tidak mengajarkan praktek-praktek pengkultusan dan penghormatan kepada seseorang yang berlebihan atau melebihi batas-batas yang ditentukan dalam syari’at Islam. Misalnya kalau menemui seorang atasan (kyai / pemimpin)-nya harus berjalan dengan lutut (ndodok / jongkok / merangkak), dan sebagainya. Kalau hal seperti itu dilakukan oleh Pengamal Wahidiyah itu termasuk “penyimpangan” dari Ajaran Wahidiyah.

  • l. Sholawat Wahidiyah dan Ajaran Wahidiyah bagaikan suatu obat mujarab bagi penyakit-penyakit batiniyah, dan reaksinya dalam batin / hati hanya bisa dirasakan oleh seseorang jika dia mengamalkan (istilah obat ‘mengkonsumsi’) sesuai dengan aturan; Tidak cukup hanya dipelajari/diketahui/dihafalkan komposisi dan kegunaannya.

  • =========================================================



No comments: